Senin, 31 Oktober 2011

Cara Memajukan Koperasi Melalui Aspek Manajemen, SDM, dan Permodalan

1. Manajemen
Untuk memajukan koperasi indonesia dibutuhkan manajemen yang tepat dan profesional. Oleh karena itu,pemilihan pengurus yang tepat dan di seleksi secara baik penting untuk kelangsungan manajemen koperasi. Jika pengurus dipilih secara asal - asalan maka hasil yang didapat juga asal - asalan pula. Pelatihan pengurus koperasi juga perlu dilakukan agar dapat memahami bagaimana koperasi dapat bekerja dan dapat menghasilkan. Disamping pengurus yang berkompeten dibutuhkan pula pengawasan dan penilaian kinerja dari anggota - anggota koperasi itu sendiri.
2. Sumber Daya Manusia
Koperasi pasti membutuhkan SDM yang banyak,tetapi bukan hanya tentang kuantitas SDMnya melainkan Kualitas. Oleh karena itu, dibutuhkan orang - orang yang ikhlas dan mempunyai potensi serta semangat untuk mengurus koperasi. karena koperasi bisa berjalan hanya dengan partisipasi dari anggota dan pengurusnya.
3. Permodalan
Kurang berkembangnya koperasi juga berkaitan sekali dengan kondisi modal keuangan badan usaha tersebut. Kendala modal itu bisa jadi karena kurang adanya dukungan modal yang kuat dan dalam atau bahkan sebaliknya terlalu tergantungnya modal dan sumber koperasi itu sendiri. Jadi untuk keluar dari masalah tersebut harus dilakukan melalui terobosan struktural, maksudnya dilakukannya restrukturisasi dalam penguasaan faktor produksi,khususnya permodalan. Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah Muhammad Hajir Hadde,SE. MM menyrbutkan salah satu hambatan yang dihadapi selama ini diantaranya manajemen dan modal usaha. Hal itu dikatakannya dihadapan peserta diklat koperasi simpan pinjam KSP dan unit simpan pinjam USP yang saat ini sedang berlangsung di palu. untuk mengantisispasi berbagai hambatan dimaksud khusunya manajemen dinas kumperindag selaku leading sector terus berupaya mengatasinya melalui pendidikan dan pelatihan serta pemberian modal usaha.

2 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus
  2. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog

    ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai

    mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata

    kuliah soft skill seperti

    - http://www.gunadarma.ac.id
    - http:/studentsite.gunadarma.ac.id
    - http://www..baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus